Senin, 25 Oktober 2010

Menengok Usaha Tenun di Jepara Bumi Kartini

Kain Tenun Ala SBY Dari Jepara Makin Populer
Fatkul Muin|  2 Oktober 2010  |
Semenjak presiden SBY memakai baju dari tenun lurik , kain tenun lurik kembali terangkat apalagi motif-motifnya kini bervariasi sehingga kini kain tenun lurik tersebut mendapat embel-embel baru sebagai tenun lurik SBY. Jepara khususnya desa Troso kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara sejak dahulu dikenal sebagai daerah penghasil tenun lurik yang sudah “ go International” karena produk tenun torso ini banyak dipasarkan di dalam negeri maupun ke luar negeri. Di Bali , NTB, NTT tenun lurik Troso mudah kita jumpai justru di sana tenun lurik Troso berbaur dengan produk local di sana.
Pak SBY memakai baju Tenun Lurik
Pak SBY memakai baju Tenun Lurik
Dengan populernya kain tenun lurik ala SBY ini kembali pengrajin kain tenun lurik dari Troso ini mendapatkan order yang cukup lumayan , apalagi sejak Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo,MM menginstruksikan para pegawai dilingkungan Pemerintah Jepara untuk memakai seragam tenun lurik ala SBY ini pada hari tertentu sebagai perwujudan cinta akan produk daerah sendiri. Instruksi itupun disusul oleh Gubernur Jawa Tengan Bp . Bibit Waluyo dengan pemakaian seragam kain lurik ala SBY ini bagi pegawai dilingkungan Pemerintah propinsi Jawa Tengah. Sehingga order kain tenun lurik SBY ini terus mengalir ke desa yang dikenal cukup luas ini , dahulu denyut nadi kerajinan tenun yang makin turun kini kembali berkibar lagi seiring permintaan dari luar kota atau luar daerah.
“ Dahulu memang kerajinan tenun Troso agak sepi , namun seiring dengan promosi oleh presiden SBY dengan mengenakan baju tenun lurik ini , industry kerajinan tenun Troso mulai menggeliat lagi . Saya yang dahulunya mebelan karena orderan sepi banting setir ikut memasarkan tenun Troso ke mana-mana khususnya diseputaran Jawa Tengah seperti Pati, Purwodadi, Rembang , semarang dan Grobogan “ , Ujar Mudiyono (40) warga desa Troso yang banting stir usaha memasarkan kain tenun Troso Jepara.
Kain Tenun Lurik ala SBY produksi desa Troso Jepara
Kain Tenun Lurik ala SBY produksi desa Troso Jepara
Dikatakan oleh Mudiyono yang baru setahunan terjun ke bisnis pemasaran tenun lurik dari Troso ini , kain tenun lurik dari Troso yang dikenal dengan tenun SBY ini jenis dan harganya bervariasi tergantung dengan selera konsumen. Namun umumnya yang laku adalah kain bahan baju untuk seragam baik pria maupun wanita yang saat ini cukup laku dipasaran. Adapun harganya ada yang Rp 150.000,- setiap potongnya ini kain tergolong cukup baik, disusul yang Rp 125.000,- setiap potongnya dan yang terakhir ada juga yang Rp 105 setiap potongnya . Selain itu masih ada lagi yang lebih mahal , namun jenisnya tidak biasa tetapi menggunakan bahan dari sutera , bahkan ada juga yang dikombinasikan dengan batik dari Pekalongan . Harga dari kain tenun lurik yang dikombinasikan dengan batik Pekalongan harganya cukup mahal , bisa jadi lipat dua karena bahan baku dibuat di Jepara lalu dikirim ke Pekalongan setelah jadi kembali di bawa ke Jepara untuk dipasarkan. (FM)
Fatkhul Muin
Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com)

Sample kain tenun Jepara dengan atbm  :

Kain tenun motif SBY "doby

Kain Tenun Seser Pelangi dengan Benang Emas

Grass motif Twiss Benang Sutra dan Viscos

Grass motif Serat Nanas Benang double Viscos

Motif SBY Doby

Mari kita wujudkan keaslian Indonesia dalam berbagai ragam corak kehidupan dan kecintaan produk dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...